10 Cara Mengatasi Tidur Ngorok Secara Alami

Apakah orang sekitar Anda suka tidur mengorok dan ingin mengetahui apa saja 10 cara mengatasi tidur ngorok secara alami? Tidur adalah aktivitas yang sangat penting untuk tubuh. Karena tidur menjadikan stamina dan tenaga tubuh kembali baik untuk dapat melanjutkan aktivitas. Ada berbagai tipe orang ketika tidur, termasuk tidur yang bisa menimbulkan suara mengorok.

Suara ngorok pada saat tidur diakibatkan oleh aliran suara yang terhambat ketika menghirup udara dari hidung maupun mulut. Sehingga pernafasan akan menimbulkan suara mendengkur atau ngorok pada saat tidur. Seseorang yang mengorok pada saat tidur dapat diatasi dengan berbagai cara yang alami dan aman.

Dibawah ini ada 10 cara mengatasi tidur ngorok secara alami yang dapat Anda lakukan:

  1. Mengubah posisi saat tidur

Salah satu cara dalam mengatasi masalah tidur yang ngorok adalah mengubah posisi tidur. Posisi tidur harus diperhatikan dengan baik agar nyaman dan juga tidak menimbulkan suara ngorok. Biasanya tidur ngorok disebabkan karena posisi tidur yang terlentang.

Sehingga mengakibatkan posisi lidah semakin ke belakang dan membuat aliran udara semakin menyempit. Anda bisa menggunakan bantuan bola tenis untuk menghalang tubuh pada posisi terlentang. Hal ini akan membuat aliran udara lancar dan mengurangi suara ngorok pada saat Anda sedang tidur.

  1. Mengangkat kepala pada saat tidur

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengatasi tidur ngorok adalah mengangkat kepala pada saat tidur. Posisi kepala sangat mempengaruhi ngorok atau tidak pada saat tidur. Kebanyakan ngorok ini disebabkan posisi kepala berada jauh dari bantal untuk menopang kepala pada saat tidur.

Sehingga Anda harus memosisikan kepala sesuai dengan bantal yang digunakan. Hal ini akan membuat tenggorokan dalam keadaan baik dan tidak akan mengeluarkan suara ngorok ketika Anda sedang tidur. Selain Anda lebih nyaman, tidak mengganggu orang lain pula yang sedang istirahat.

  1. Membersihkan sinus sebelum tidur

Cara ketiga untuk mencegah tidur ngorok yang dapat dilakukan adalah membersihkan sinus sebelum tidur. Sinus dalam hidung yang terus dibiarkan dan mengering akan membuat hidung tersumbat dan menyebabkan gangguan pernafasan pada saat tidur.

Sehingga akan menimbulkan suara ngorok yang cukup keras. Sebelum tidur, Anda hendaknya bersihkan sinus agar tidak semakin menumpuk dalam rongga hidung. Selain itu juga akan membersihkan hidung dan mencegah tidur yang mengeluarkan suara ngorok.

  1. Memperhatikan kontrol udara yang ada di dalam kamar

Cara keempat yang dapat dilakukan untuk mengatasi ngorok pada saat tidur adalah memperhatikan kontrol udara yang ada di dalam kamar. Udara yang kering akan cenderung sulit untuk bernafas pada saat tidur.

Sehingga akan menimbulkan suara ngorok yang dikeluarkan dari rongga pernafasan. Anda dapat menggunakan kontrol udara agar kamar yang digunakan untuk tidur tercukupi kebutuhan uap air pada saat Anda sedang tidur. Hal ini akan mengurangi suara mendengkur atau ngorok jika Anda sedang menjalani tidur malam.

  1. Menghirup uap air sebelum tidur

Cara kelima yang mampu mengatasi masalah tidur yang mendengkur adalah menghirup uap air sebelu tidur. Uap air yang dihirup akan membantu bersihkan rongga hidung. Jika rongga hidung bersih, Anda akan bernafas dengan nyaman. Anda bisa menghirup uap air dengan cara yang mudah.

Siapkan handuk bersih dan juga air panas. Setelah itu masukkan handuk panas ke dalam air panas. Peras dan anda bisa tempelkan sekitar hidung dan hirup uap airnya. Anda bisa melakukan cara ini selama kurang lebih 10 menit. Dengan bantuan uap air tersebut, lendir akan dihilangkan dari dalam hidung dan membuat tidur tidak lagi ngorok.

  1. Melakukan senam tenggorokan sebelum tidur

Cara keenam dalam mengatasi masalah tidur yang ngorok adalah melakukan senam tenggorokan sebelum tidur. Senam tenggorokan akan membuat kualitas tidur semakin baik. Tidur tidak akan ngorok jika Anda melakukan senam tenggorokan. Cara melakukan senam tenggorokan ini sangatlah mudah.

Anda bisa membuka mulut selebar-lebarnya dan pegang bagian rahang selama 30 detik. Lakukan cara yang sama dengan memegang bagian rahang lainnya. Selain itu Anda bisa menjulurkan lidah sejauh mungkin. Lakukan cara ini secara teratur sebelum tidur agar tidur tidak mengeluarkan suara ngorok.

  1. Melakukan nyanyi dengan nada tinggi sebelum tidur

Cara ketujuh yang dapat dilakukan untuk mencegah tidur mengeluarkan suara ngorok adalah melakukan nyanyi dengan nada tinggi sebelum tidur. Nyanyi tentu bisa jadi hobi banyak orang. Ternyata menyanyi ini memberikan manfaat agar tidur tidak mengorok.

Biasakan Anda menyanyi dengan nada yang tinggi sebelum tidur untuk mencegah suara ngorok yang dikeluarkan. Nyanyi dengan suara tinggi dapat menyehatkan dan sekaligus melatih otot tenggorokan agar mengendur dan tidak mendengkur pada saat tidur.

  1. Menurunkan berat badan

Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah tidur yang ngorok adalah menurunkan berat badan berlebihan. Berat badan berlebih cenderung mengakibatkan ngorok pada saat tidur. Karena penumpukan lemak dalam tubuh mengakibatkan gangguan sistem pembuluh darah dan aliran udara yang ada pada tubuh.

Sehingga pada saat tidur penderita obesitas sulit untuk bernafas dengan baik. Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan mudah. Anda bisa menerapkan diet sehat buah dan sayur agar tubuh tetap sehat. Selain itu menurunkan berat badan juga dapat dilakukan dengan berolahraga setiap hari walaupun dengan olahraga ringan. Jika berat badan normal, Anda dapat mengatasi suara ngorok pada saat istirahat malam.

  1. Memperhatikan makanan yang dikonsumsi sebelum tidur

Cara berikutnya untuk mengatasi tidur yang mengorok adalah memperhatikan makanan yang dikonsumsi sebelum tidur. Makan makanan sebelum tidur tentunya dapat mengganggu sistem pencernaan. Selain itu juga dapat mengganggu pernafasan pada saat tidur.

Makanan berat yang mengandung lemak dan karbohidrat tinggi harus dihindari agar tidak menimbulkan suara ngorok. Selain itu juga Anda harus menghindari minum susu sebelum tidur. Karena susu dapat memproduksi lendir yang berlebih dan mengganggu sistem pernafasan pada saat tidur. Anda bisa atur mengonsumsi makanan beberapa jam sebelum Anda tidur.

  1. Menghindari konsumsi minuman alkohol dan obat penenang

Cara lainnya untuk mencegah ngorok pada saat Anda tidur adalah menghindari konsumsi alkohol dan obat penenang. Alkohol dan obat penenang membuat sistem pada tubuh mengalami gangguan dan berbahaya untuk kesehatan. Selain itu alkohol dan obat penenang justru mengakibatkan suara ngorok pada saat Anda tidur.

Karena kedua bahan berbahaya tersebut dapat menimbulkan penekanan pada saluran pernafasan dan mencegah relaksasi otot pada saat tidur. Hindari konsumsi alkohol dan obat penenang tersebut jika Anda tidak ingin mengeluarkan suara ngorok pada saat Anda sedang tidur.

Setelah mengetahui berbagai cara mengatasi tidur ngorok di atas, Anda dapat melakukan berbagai cara tersebut secara alami dan tentunya aman untuk kesehatan tubuh.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*