12 Makanan Penyubur Sperma

Makanan merupakan sumber nutrisi yang nantinya akan diserap tubuh melalui sistem pencernaan dan digunakan untuk keperluan tumbuh dan membangun sel – sel tubuh serta memperbaiki sel – sel yang rusak. Atas dasar itulah kebutuhan untuk mengkonsumsi makanan dengan kualitas dan kandungan nutrisi yang baik merupakan hal yang mutlak jika seseorang ingin hidup dengan sehat. Berbagai jenis bahan makanan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda – beda sehingga variasi menu makanan menjadi penting; beberapa di antaranya memiliki kandungan nutrisi khusus yang juga memiliki fungsi atau manfaat khusus bagi manusia yang mengkonsumsinya. Ada beberapa jenis makanan yang memiliki efek baik bagi sistem reproduksi pria; mengkonsumsi makanan penyubur sperma dapat meningkatkan kualitas sperma dan secara langsung juga akan meningkatkan fertilitas atau kesuburan pria tersebut. Berikut ini 12 jenis makanan yang dapat dimasukkan ke dalam menu makanan sehari – hari agar mendapatkan manfaat meningkatkan kualitas sperma sehingga dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi ketika seseorang menginginkan meningkatkan kualitas sperma.

1. Bawang Putih
Banyak orang telah tahu bahwa bawang putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun mungkin baru sedikit yang tahu mengenai manfaat bawang putih bagi peningkatan kualitas sperma. Bawang putih ternyata merupakan salah satu bahan makanan penyubur sperma yang dengan mudah ditemui. Bahan makanan yang seringkali hanya dijadikan bagian dari bumbu masakan ini ternyata mampu melancarkan aliran darah menuju orga- organ seksual pria sehingga mampu membantu meningkatkan kualitas, kuantitas dan juga mempercepat produksi sperma.

2. Biji Labu
Biji yang didapat dari buah labu sepertinya jarang digunakan sebagai bahan makanan, namun ternyata biji labu ini memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi peningkatan kualitas sperma. Sebagai bahan makanan penyubur sperma yang dapat dikonsumsi sebagai makanan tambahan; biji labu memiliki kandungan pitosterol yang dan dapat meningkatkan produksi hormon testosteron. Hormon ini akan membantu meningkatkan produksi sperma sehingga volume dan kesuburan sperma akan meningkat.

3. Tomat
Tomat merupakan salah satu buah yang seringkali digunakan sebagai lalap; ternyata tomat juga merupakan makanan penyubur sperma karena memiliki kandungan likopen. Likopen merupakan senyawa alami yang berfungsi sebagai antioksidan dan memiliki fungsi khusus untuk meningkatkan kemampuan gerak sperma. Selain itu; kandungan nutrisi lain yang ada di alam tomat juga dapat meningkatkan fertilitas dan juga volume sperma.

4. Buah Delima
Penelitian buah delima sebagai makanan penyubur sperma telah dilakukan oleh C.P. Hutan; hasil penelitian tersebut dipublikasikan dalam International Journal of Impotence Research dan menyatakan bahwa kandungan oksida nitrat dan juga antioksidan dalam buah delima mampu melancarkan aliran darah termasuk di organ seksual pria yang berfungsi memproduksi sperma dan meningkatkan kualitas sperma. Selain itu; buah delima juga memberi manfaat dalam meningkatkan kemampuan penis untuk mempertahankan ereksi sehingga dapat meningkatkan kualitas kehidupan seksual seseorang.

5. Jambu Biji Merah
Jambu Biji yang memiliki daging buah berwarna merah merupakan makanan penyubur sperma yang dapat dengan mudah ditemui. Buah ini dapat dimakan langsung ataupun dibuat jus untuk mendapatkan berbagai manfaatnya. Salah satu butrisi penting dari buah jambu biji merah yang dapat meningkatkan kualitas sperma pria adalah likopen; kandungan zat ini dapat meningkatkan kesuburan sistem reproduksi pria dan juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Wortel
Wortel merupakan makanan penyubur sperma lain yang mudah ditemui dan juga sangat lazim untuk dikonsumsi. Wortel seringkali dijadikan bahan sup ataupun masakan lain; kandungan betakaroten dalam wortel dapat meningkatkan kualitas sperma serta mencegah terjadinya impotensi. Selain itu; daun wortel ternyata juga memiliki kandungan nutrisi berupa porphyrins yang akan meningkatkan kinerja kelenjar pituary yang akan mempengaruhi peningkatan produksi hormon reproduksi.

7. Semangka
Selain sebagai pilihan buah yang manis dan segar karena kaya akan air; buah yang biasanya berwarna merah atau kuning ini ternyata merupakan makanan penyubur sperma karena memiliki kandungan strulin yang tinggi. Sitrulin merupakan senyawa dalam kelompok asam amino yang akan membantu produksi nitrit oksida yang akan meningkatkan kemampuan reproduksi pria dan juga meningkatkan kualitas sperma.

8. Alpukat
Buah alpukat merupakan pilihan buah yang dapat berfungsi sebagai makanan penyubur sperma yang mudah didapat dan juga lezat. Alpukat dapat dikonsumsi langsung ataupun dibuat jus agar lebih mudah dinikmati. Kandungan nutrisi pada buah alpukat termasuk vitamin B6, vitamin E an juga asam folat; kombinasi antara ketiga nutrisi tersebut dapat meningkatkan motilitas sperma atau meningkatkan kemampuan sperma dalam menembus kulit sel telur ketika terjadi pembuahan.

9. Pisang
Mengkonsumsi buah pisang merupakan pilihan lain untuk meningkatkan kualitas sperma seorang pria; buah ini merupakan salah satu makanan penyubur sperma yag paling mudah ditemui dan lazim dikonsumsi. Kandungan enzim langka di dalam buah pisang merupakan salah satu rahasia yang membuat pisang mampu meningkatkan kualitas sperma; bromelain selain meningkatkan produksi sperma juga dapat meningkatkan libido pria. Selain itu; kandungan beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C dalam buah pisang juga dapat meningkatkan kesehatan pria secara keseluruhan selain meningkatkan kemampuan produksi sperma yang berkualitas.

10. Cokelat
Selain lezat; ternyata cokelat merupakan makanan dengan kandungan nutrisi penting untuk meningkatkan kualitas sperma. Sebagai makanan penyubur sperma yang mudah ditemukan; cokelat memiliki kandungan asam amino berupa L – Arginine HCl yang secara klinis telah diakui mampu meningkatkan volume produksi sperma dan semen. Selain itu; cokelat ternyata juga dapat meningkatkan libido sehingga menghasilkan orgasme yang lebih intensif. Namun konsumsi cokelat yang terlalu banyak akan berdampak pada ketidakseimbangan hormon estrogen dan testosteron sehingga dapat berdampak pada menurunnya volume produksi sperma.

11. Kacang Kenari
Kacang kenari merupakan alternatif bahan makanan penyubur sperma yang dapat dikonsumsi. Kandungan arganine dalam kacang kenari memberi efek pada kesehatan testis yang membantu peningkatan volume air mani yang diproduksi. Kandungan asam emak omega – 3 dalam kacang kenari juga mampu melancarkan aliran darah menuju ke penis. Sedangkan kandungan antioksidan yang dua kali lebih banyak dibandingkan jenis kacang – kacangan lain memberi efek positif bagi daya tahan tubuh dan kualitas sel sperma karena terbebas dari gangguan radikal bebas. Selain itu; konsumsi kacang kenari secara teratur juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

12. Buah Berry
Buah berry merupakan alternatif makanan penyubur sperma lain yang mudah ditemui serta lezat untuk dikonsumsi. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah berry dapat meningkatkan sirkulasi darah serta menghindari kerusakan oksidatif yang seringkali berdampak pada penurunan kinerja organ reproduksi pria. Kandungan vitamin A dan vitamin C di dalam buah berry juga secara langsung berdampak pada peningkatan volume dan juga kualitas sperma yang diproduksi.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*