5 Solusi Mengatasi Sperma Encer

Laki-laki merupakan makhluk hidup dari spesies manusia. Seperti makhluk hidup lainnya terutama mamalia, terdapat dua jenis gender itu laki-laki dan perempuan. 2 gender manusia ini mempunyai fisik dan kepribadian yang berbeda. Proses berkembang biak spesies manusia dapat terjadi bila menyatukan kedua jenis gender tersebut. Perempuan mempunyai sel telur dan laki-laki mempunyai sperma, bila kedua sel ini bertemu maka dapat terjadi pembuahan yang dapat melahirkan manusia baru. Sel telur bekerja lebih pasif, sel telur akan menunggu sperma dapat membuahinya. Sperma adalah sel yang dikeluarkan oleh laki-laki bersamaan dengan air mani. Air mani dan sperma ini dapat keluar saat laki-laki mengalami ejakulasi. Perlu diketahui jika sperma yang keluar dari tubuh manusia mempunyai kemungkinan 50% dapat membuahi sel telur. 50% lainnya bisa dikatakan berhenti di tengah jalan karena kalah dengan sel darah putih atau sperma mengalami kerusakan dan tidak dapat menuju ke sel telur. Saat berada di sel telur, sel telur akan memilih sperma yang terkuat untuk membuahinya. Sperma yang mempunyai kualitas baik adalah sperma yang kental. Namun banyak pula ditemui sperma yang cair. Mengatasi sperma encer harus segera dilakukan karena jika tidak sperma tersebut mempunyai kemungkinan kecil untuk dapat membuahi sel telur.

Mengatasi sperma encer harus segara dilakukan jika tidak pasangan yang ingin segera mendapatkan momongan, akan menunggu lama kabar dari dokter kandungan jika istri positif hamil. Mengapa harus lebih kental, karena bila cairan di sperma berbentuk kental itu berarti mengandung fruktosa gula yang banyak. Fruktosa gula pada cairan sperma ini berfungsi untuk melindungi bagian inti sperma saat berada di dalam organ reproduksi wanita. Jika cairan sperma tersebut encer maka fruktosa gula yang terkandung sedikit menyebabkan sperma akan hilang karena akibat zat asam yang berada di vagina wanita. Oleh sebab itu mengatasi sperma encer lebih baik dicari solusinya sesegera mungkin. Berikut adalah beberapa penyebab encernya sperma dan solusi mengatasi sperma encer tersebut :

1. Kekurangan jumlah sel sperma
Sperma yang cair mempunyai kemungkinan sel sperma di dalamnya juga sedikit. Penyebab umum yang sering ditemui adalah karena sperma sering dipakai, dengan kata lain sering dikeluarkan. Laki-laki tersebut bisa saja sering melakukan hubungan seks atau pun melakukan masturbasi yang membuat sperma sering dikeluarkan. Hal tersebut jika dilakukan secara terus menerus akan membuat sperma yang dikeluarkan memadai cair atau encer. Testis merupakan organ reproduksi pria yang memproduksi sperma pada tubuh manusia. Testis sendiri memang selalu mereproduksi sperma yang membuat sperma pasti dapat keluar saat ejakulasi. Namun sperma memiliki kualitas kematangan bagus jika berumur 70 hari. Pada saat 70 hari sperma dapat dikeluarkan dengan tingkat kematangan yang cukup untuk membuahi sel telur.

Namun bila sperma di keluarkan secara terus menerus membuat testis kehabisan stok untuk di tahan selama 70 hari, yang dapat membuat sel sperma mempunyai kualitas buruk dan sangat mungkin membuat Iran sperma berbentuk encer. Menahan diri untuk tidak terlalu sering melakukan kegiatan seks atau masturbasi dapat mengatasi sperma encer paling tidak harus menahan selama 70 hari sebelum melakukan berhubungan seks lagi. Hal ini harus dilakukan agar segera mendapatkan keturunan. Selain itu pada masa puasa mengeluarkan sperma tersebut, pria tersebut dapat menambah kualitas sperma dengan memakan makanan yang mempunyai nutrisi tinggi. Banyak orang yang yang percaya kecambah dapat meningkatkan kesuburan pria, tidak salahnya menambah menu kecambah di setiap makanannya.

2. Pola hidup tidak baik
Pola hidup buruk dapat mempengaruhi kualitas sperma. Contohnya seperti suka mengkonsumsi minuman beralkohol, obat-obatan, atau pun sering merokok dapat mempengaruhi kualitas sperma. Bisa dipastikan dapat mempengaruhi kekentalan cairan sperma. Selain itu tingkat kecemasan, stres maupun gangguan pikiran dapat mempengaruhi kualitas sperma juga. Karena secara tidak sadar organ seks terbesar manusia adalah otak, jadi tekanan yang mempengaruhi otak tentu akan berdampak pada kualitas spermanya. Untuk mengatasi sperma encer dengan penyebab-penyebab tersebut tentu dapat dengan mengurangi pemakaian obat-obatan, menjauhi minuman beralkohol dan menjauhi rokok adalah cara terbaik selain meningkatkan produktivitas sperma tentu akan berdampak ke kesehatan pula. Selain itu keadaan emosional juga harus di perhatikan karena dapat mempengaruhi kualitas sperma. Tidak ada salahnya jika ada waktu yang digunakan untuk melepaskan penat dengan cara bermain, berlibur atau istirahat.

3. Kadar fruktosa gula
Bila cairan sperma berbentuk encer sudah dipastikan jika kandungan fruktosa gula di dalam cairan sperma tersebut mempunyai kadar gula yang sedikit. Mengulang keterangan diatas fruktosa gula sangat penting untuk melindungi sperma saat masuk ke organ wanita. Khususnya saat masuk ke bagian vagina karena di tempat tersebut terdapat asam vagina yang dapat menghancurkan sperma jika tidak ada perlindungan dari fruktosa gula. Penyebab umumnya biasanya karena pria tersebut kekurangan asupan nutrisi dari buah-buahan dan sayuran. Kegiatan seperti diet namun kekurangan asupan energi dan aktivitas secara berlebihan dapat membuat air mani menjadi encer. Pada umumnya gula dibutuhkan manusia untuk dipecah menjadi energi, dengan pengertian tersebut kekurangan fruktosa gula orang yang kekurangan energi cairan spermanya encer. Dari kasus ini dapat disimpulkan untuk mengatasi sperma encer dapat dengan menkonsumsi sayuran dan buah-buahan lebih banyak lagi, lakukan diet sehat jangan sampai kekurangan energi dan jangan terlalu capek beraktivitas.

4. Ketatnya pakaian saat tidur
Mengenakan pakaian terutama celana yang ketat dapat membuat mengganggu kesehatan organ reproduksi. Hal ini disebabkan karena organ reproduksi menjadi tertekan membuat proses produksi menjadi terganggu. Ketatnya pakaian tersebut juga membuat sirkulasi udara reproduksi terganggu. Cara mengatasi sperma encer, melihat kasus di atas dapat dengan mengubah kebiasaan memakai celana ketat. Saat tidur pun juga jangan pernah menggunakan pakaian yang ketat. Hanya memakai celana dalam saat tidur sangat dianjurkan.

5. Faktor penyakit
Ada beberapa kasus sperma laki-laki encer dikarenakan suatu penyakit kelamin atau pun faktor gen keturunan. Untuk mengatasi sperma encer tersebut harus berkonsultasi dengan dokter kelamin dan kulit. Jika ditemukan penyakit yang mempengaruhi kualitas sperma, pasien harus menuruti semua anjuran dokter sebut. Nantinya dapat penyembuhan dengan obat, terapi atau dengan jalan operasi.

Melihat penyebab dan cara penyembuhan sperma yang encer tersebut tentu membuat semua laki menjadi was-was. Sebelum penyakit tersebut datang alangkah baiknya mencegah penyakit tersebut datang terlebih dahulu. Oleh karena itu laki-laki harus selalu menjaga kesehatan tubuh agar selalu sehat. Selain itu periksakan juga istri jika tidak kunjung hamil juga. Kemungkinan dapat pula kesehatan reproduksi istri yang terganggu. Pemeriksaan dapat dilakukan di doktor spesialis reproduksi ataupun kehamilan. Kedatangan buah hati tentu sangat ditunggu-tunggu oleh kedua orang tua dan keluarga besar.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*